Kamis, 31 Desember 2015

Isilah Blogmu Secara Offline

Post2Blog


Saat ini, blog banyak digemari kalangan mahasiswa-mahasiswi. Terutama untuk pengumpulan tugas, cukup dengan mempublikasikannya lewat blog. Namun, bagaimana jika di tempatnya tiada wi-fi yang on 24 jam? Haruskah mereka selalu mencari wi-fi untuk bisa upload tugas mereka ke blog masing-masing? Jawabannya, tidak perlu.

Karena, sekarang sudah banyak aplikasi blogger offline. Artinya mereka bisa menuliskannya bahkan upload isi blog mereka tanpa harus terkoneksi dengan internet. Atau bahasanya secara offline. Hanya tinggal menghubungkan antara aplikasi dengan blog tugas mereka. Sewaktu-waktu jika tak sempat mendapatkan wi-fi yang on, sedang deadline tugas memburu. Mereka bisa langsung menuliskannya ke dalam aplikasi tersebut. Dan dapat pula mempublikasinya.

Salah satunya, adalah Post2Blog. Aplikasi blogger offline ini bisa di download secara gratis. Selain itu, fitur-fitur di dalamnya sama persis dengan blogger online. Memudahkan si pengguna menggunakan aplikasi ini. Tidak perlu repot-repot, cukup Anda hubungkan blog Anda dengan aplikasi ini. Nantinya, akan di tanya alamat blog Anda. Kemudian, setelah terhubung. Anda bisa menuliskan judulnya di tab title. Seperti di blogger online, Anda bisa menuliskannya secara langsung di lembar kerjanya.

Kemudian, jika di rasa sudah cukup. Jika Anda ingin mengubah font, ini persis di Microsoft Word tampilannya. Terdapat di ribbon home, paragraph dan font. Setelah pengeditan selesai, Anda tinggal klik publish dan secara otomatis tulisan Anda akan terpublikasikan ke dalam blog Anda sendiri tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Seperti yang telah saya lakukan di 2 tulisan saya. Saya lakukan secara offline, saya buka aplikasi Post2Blog. Karena sudah terhubung sebelumnya, saya segera menuliskan isinya. Tidak lupa mengganti fontnya dan apa-apa saja yang perlu saya edit. Sebelumnya saya juga menuliskan judulnya di tab title. Kemudian, saya klik publish. Dan ketika saya cek blog saya secara online, 2 tulisan saya sudah terpublishkan di blog saya.

Ini sangat bermanfaat bagi saya. Terutama untuk tugas pengantar teknologi informasi, yang mengharuskan semua tugas di cantumkan ke dalam blog. Karena di kamar saya, jangkauan untuk wi-fi tidaklah selancar jika saya menggunakan wi-fi kampus. Jadi, saya tidak perlu repot-repot ke perpustakaan maupun membeli modem dengan kartu kuota.

Mungkin, cukup itu saja yang bisa saya ceritakan. Mengenai pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi offline blogger ini. Masih banyak aplikasi lainnya yang sama dengan Post2Blog, hanya mungkin untuk wordpress atau lainnya.


Sekian, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar