Selasa, 20 Oktober 2015

History of Computer

SEJARAH KOMPUTER


A.      PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer menurut bahasa artinya menghitung. Menurut istilah dan para ahli terkemuka, komputer merupakan mesin penghitung yang melebihi kecepatan otak manusia. Komputer bisa menjalankan sebuah program yang disesuaikan dengan keinginan si penggunanya. Merupakan pemroses data yang dapat melakukan perhitungan aritmetika dan operasi logika.

B.      AWAL PENCIPTAAN KOMPUTER

Pada tahun 1936, Alan Turing ahli Matematika dari Inggris menghasilkan sebuah mesin yang dapat menghitung tanpa bantuan manusia. Ini adalah mesin pendahulu komputer digital modern. Tahun 1940-an, John Von Neumann mengembangkan salah satu komputer pertama untuk menyelesaikan suatu masalah matematika, meteorologi, ekonomi dan hidrodinamik. Desain ini dinamai EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Komputer). Serta menjadi yang pertama, desain komputer dalam memasukan program di dalam memorinya tersebut.

C.      PERKEMBANGAN KOMPUTER

Pada tahun 1945, seorang ahli asal Amerika Serikat John Mauchly – Fisikawan dan John Presper Eckert – Elektro , memperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Intergrator and Computer). Yang merupakan komputer digital pertama. Tahun 1948 penemuan transistor mendorong perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum yang awalnya untuk ENIAC karena membutuhkan lebih dari 18.000 dan skala yang lebih mahal serta boros energi. Akhirnya di tahun 1960an IC (Integral Circult) terciptalah chip yang berisi transistor mini dan komponen elektris lain menggantikan transistor biasa.


Di tahun 1970-an IC berhasil mengembangkan mikroprosesor modern, dan di dalamnya terdapat ribuan transistor. Pada tahun 1975, diperkenalkan komputer pribadi (PC/Personal Computer). Perkembangannya berlanjut pada hadirnya tampilan video, alat penyimpanan yang baik, mikroprosesor yang hebat. Tampilan grafis pertama dibuat pertama oleh Xerox dikembangkan oleh Apple dan Microsoft. Intel sejak 1990-an mengembangkan mikroprosesor Pentium menggunakan MHz (mega hertz) dan GHz (iga hertz) untuk patokan kecepatan.

0 komentar:

Posting Komentar