Rabu, 21 Oktober 2015

Sosial Media

SOCIAL MEDIA


A.      Pengertian Social Media

Social Media adalah media berbasis Online dengan penggunanya berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi secara mudah meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. “Sebuah kelompok berbasisi internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.” – (Kaplan, Andreas and Michael Haenlein).

B.      Mind Mapping


C.      Social Media Terfavorite

1.       Twitter

Twitter membatasi panjang teks status (tweet) sebanyak 140 karakter. Jack Dosrsey mendirikan situs ini pada tahun 2006. Twitter memiliki hampir 200 juta pengguna dengan rata-rata tweet unik 300 juta per hari. Salah satu fitur twitter adalah “Follow” dimana seorang user dapat mengikuti update user lainnya. Hampir semua kalangan terhubung dengan fans melalui media ini. Begitu simpel dan ringan hingga user mudah menggunakannya dan update hanya dalam beberapa detik.

Bisnis dan Band menggunakan twitter dalam banyak cara sebagai channel untuk berhubungan dengan masyarakat, info Press Relase, penawaran jasa dan produk, berkomunikasi dengan follower secara rutin, melakukan survey, costumer support dan update lainnya.

2.       Youtube

Youtube miliknya Google dan difokuskan pada video sharing. Siapapun yang memiliki akun Youtube termasuk Google dapat mengunggah dan menonton video yang diposting dari semua belahan di dunia.  Digunakan secara gratis bahkan website lain dapat memasang (embed) video bersumber dari Youtube. Termasuk acara TV, iklan, video musik, trailer film, tips, videoblog, review dan lainnya. Video yang terverifikasi memiliki reputasi bagus dapat mengunggah video dengan durasi 15 menit. Lebih dari 800 juta pengguna unik mampir tiap bulannya.
3.       Facebook

Facebook masih menduduki peringkat pertama dan menyandang gelar “Raja Sosial Media” dengan jumlah pengguna 950 juta atau hampir 1milyar. Membuatnya menjadi yang terbesar dan terluas jangkauannya. Fitur-fitur kostumisasi akun profil, unggah foto dan video, tagging, messange, Group, Paget dan semua aplikasi yang mendunia.

D.      Produk Buatan Indonesia

1.       Sebangsa

Sebangsa salah satu media sosial buatan Indonesia yang didirikan pada tahun 2014. Memiliki konten lokal dengan fitur yang bisa mengupdate status, mengunggah foto. Selain itu, media ini juga menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Dan dapat mengirimkan pesan pada 5 orang terdekat sekaligus dalam keadaan darurat, terdapat dalam fitur Pesan Panik dengan cara mengaktifkan GPS.



2.       Indoface


Indoface salah satu media sosial yang berasal dari negara kita, yang terdapat beragam fitur. Seperti update status, check-in, upload foto, ada pula blog, vote and my voice. Pendirinya ialah Muhammad Fajar Putranto yang bukan berlatar belakang IT tapi bisa mendirikan jejaring sosial yang masih berkembang ini.

3.       MindTalk

MindTalk dipelopori oleh Robin Marufi dan Danny Oei Wirianto yang mendirikan Digaku. Namun, akhirnya sepakat fokus pada jaringan MindTalk. Situs ini berorientasi pada saluran minat seperti fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fashion, bisnis, pemasaran dan otomotif. Pengguna juga dapat berbagi video, foto, artikel dan lain sebagainya. Ada 180.000 pengguna yang menggunakan media sosial ini.


0 komentar:

Posting Komentar